KALIMAT INSPIRATIF

Kalimat Inspiratif Islami Tentang Anak

Kecintaan Rasulullah SAW kepada anak-anaknya dan cucu-cucunya tidak terbatas. Belas kasihan tidak hanya diberikan oleh anak-anaknya, melainkan kepada anak-anak lain, seperti anak-anak dari sahabatnya. Hadits diriwayatkan Usamah ibn Zaid RA menunjukkan aspek kemanusiaan dari kepribadian Nabi SAW:

عَنْ أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ يَأْخُذُنِي فَيُقْعِدُنِي عَلَى فَخِذِهِ، وَيُقْعِدُ الحَسَنَ عَلَى فَخِذِهِ الأُخْرَى، ثُمَّ يَضُمُّهُمَا، ثُمَّ يَقُولُ: اللَّهُمَّ ارْحَمْهُمَا فَإِنِّي أَرْحَمُهُمَا

“Rasulullah SAW dulu meletakkan saya di (salah satu) pahanya dan meletakkan Al-Hasan ibn ʻAli di pahanya yang lain, lalu memeluk kami dan berkata, “Ya Allah! Tolong kasihanilah mereka, karena saya berbelas kasihan kepada mereka. ” (HR Al-Bukhari) 

Beberapa orang yang tidak dapat memahami kekuatan mengungkapkan cinta kepada anak-anak bertanya-tanya mengapa Rasulullah SAW bermain-main dengan anak-anak dan begitu tertarik pada mereka.

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال‏:‏ قبل النبي الحسن بن علي رضي الله عنهما، وعنده الأقرع بن حابس، فقال الأقرع‏:‏ إن لي عشرة من الولد ما قبلت منهم أحدًا‏.‏ فنظر إليه رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال‏:‏ من لا يرحم لا يرحم 

Diriwayatkan Abu Hurairah RA Rasulullah SAW mencium Al-Hasan ibn ʻAli sementara Al-Aqra` ibn Habis At-Tamimi sedang duduk bersamanya. Al-Aqra` berkata, “Saya memiliki sepuluh anak dan tidak pernah mencium salah satu dari mereka.” Nabi Muhammad SAW menatapnya dan berkata, “Siapa pun yang tidak berbelas kasihan kepada orang lain tidak akan diperlakukan dengan penuh belas kasihan.” (HR Al-Bukhari).

 

  • Hendaklah adab sopan anak-anak itu dibentuk sejak kecil karena ketika kecil mudah membentuk dan mengasuhnya. Belum dirusakkan oleh adat kebiasaan yang sukar ditinggalkan. (Hamka)
  • Peliharalah anak-anakmu dan perbaikilah budi pekerti mereka. Sesungguhnya anak-anak itu adalah hadiah Allah kepadamu. (Al Hadits)

Apabila mati seseorang anak Adam, terputuslah amalannya kecuali tiga perkara, sedekah jariah, ilmu yang diambil orang manfaatnya dan anak yang saleh mendoakannya. (Al Hadits)

  • Setiap anak itu dilahirkan dalam keadaan fitrah. Kedua orang tuanya lah yang membuatnya menjadi seorang yahudi, seorang nasrani maupun seorang majusi. (Al Hadits)
  • Apabila fondasinya tidak kuat, maka cabangnyapun akan demikian sepanjang masa. (Mutiara Islami)
KALIMAT INSPIRATIF TEREKOMENDASI  Kalimat Inspiratif Islami Tentang Syukur dan Sabar

Share and Enjoy !

Shares
loading...
KALIMAT INSPIRATIF TEREKOMENDASI  100 Kalimat Inspiratif Terdahsyat Para Tokoh Dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *