KALIMAT INSPIRATIF

UCAPAN BELASUNGKAWA MENURUT RASULULLAH DAN 65 UCAPAN BELASUNGKAWA ISLAMI PILIHAN

UCAPAN BELASUNGKAWA MENURUT RASULULLAH DAN 65 UCAPAN BELASUNGKAWA ISLAMI PILIHAN

Mengutip kitab Majmu’Sryarif Kamil (2007:291-293), lafaz istirja’ atau ucapan belasungkawa adalah :
إِنَّا لِلَّٰهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ‎ Innalillahi wa innailaihi raaji’uun.
Artinya: Sesungguhnya semua ini hanyalah milik Allah, dan hanya kepada-Nya kami kembali.
Ucapan tersbeut tercantum dalam surat Al Baqarah ayat 155-156 yang berbunyi:
“Dan sesungguhnya akan kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan ‘Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun.” (QS. Al Baqarah: 155-156)
sebuah hadis diriwayatkan Rasulullah bertakziyah ke rumah Zainab yang baru saja ditinggal mati anaknya, Umamah. Kemudian Rasulullah mengungkapkan ucapan belasungkawa kepada Zainab seperti berikut:
إِنَّ لِلَّهِ مَا أَخَذَ وَلَهُ مَا أَعْطَى، وَكُلٌّ عِنْدَهُ بِأَجَلٍ مُسَمًّى فَلْتَصْبِرْ وَلْتَحْتَسِبْ
Innalillahi maa aghodha walaahu maa a’too wakullu ngingdhahu biajalimmusammaa faltashbir waltahtasib.
Artinya: Milik Allah apa yang Allah ambil, dan milik Allah pula apa yang Allah berikan. Dan segala sesuatu telah Allah tetapkan batas waktunya. Maka bersabar dan berharaplah pahala dari musibah yang menimpamu ini (HR. Bukhari no 1284).
Lalu dianjurkan ditambah dengan bacaan berikut:
أَعْظَمَ اللهُ أَجْرَكَ،، وَأَحْسَنَ عَزَاءَكَ،، وَغَفَرَ لِمَيِّتِكَ
A’dzhomallahu aj’roka wa ahsana ngazaa aka aghofaro limayyitika.
Artinya: Semoga Allah memperbanyak pahalamu, menimbulkan kegembiraan pada hatimu dan mengampuni dosa orang yang meninggalkanmu (Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, hal. 126).

65 UCAPAN BELASUNGKAWA ISLAMI PILIHAN

  1. Inna lillahi wainna ilaihi roji’un  Milik Allah apa yang Allah ambil, dan milik Allah pula apa yang Allah berikan. Dan segala sesuatu telah Allah tetapkan batas waktunya. Maka bersabar dan berharaplah pahala dari musibah yang menimpamu ini
  2. Inna lillahi wainna ilaihi roji’un  Tak terasa air mataku menetes di hari kepergianmu. Sungguh aku sangat kehilanganmu, engkaulah sahabat terbaikku. Selamat jalan sahabat, semoga amal baikmu menjadi penerang di alam kuburmu.
  3. Inna lillahi wainna ilaihi roji’un  Selamat jalan wahai kawanku, aku sebagai sahabat hanya bisa mendoakan dari sini. Semoga segala doa-doa terbaik yang kupanjatkan dikabulkan oleh Allah. Hanya satu yang bisa aku lakukan saat ini, yakni mengenang dan mendoakanmu.
  4. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Sahabat kecilku, engkau meninggalkanku begitu cepat. Semua kebersamaan yang pernah kita lewati kini telah menjadi sebuah kenangan. Semoga segala amal ibadahmu diterima di sisi Allah.
  5. Wahai sahabat terbaikku, meski usiamu masih muda, semangatmu masih membara, cita-citamu begitu tinggi, tetapi Allah lebih sayang kepadamu, Allah rindu denganmu. Selamat jalan sahabatku tersayang. Semoga engkau diberi tempat terbaik di surga-Nya.
  6. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Kepulanganmu begitu cepat kepada Sang Khalik. Semua kenangan tentangmu akan selalu aku ingat hingga habis usiaku. Di sini aku hanya dapat mendoakanmu agar segala amal baikmu diterima dan semua kesalahanmu diampuni oleh Allah.
  7. “Innalillahi wa inna ilaihi raaji’un, wa inna ilaa rabbina lamunqalibuun, allahummaktubhu ‘indaka fiil muhsinin, waj’al kitaabahu fii ‘illiyyiin, wakhlufhu fii ahlihi fil ghaabirin, wa laa tahrimnaa ajrohu walaa taftinnaa ba’dahu.”
  8. “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Dari hati yang paling dalam, kami dan keluarga turut berduka cita atas meninggalnya almarhum. Semoga Allah menempatkannya di tempat yang paling indah bersama dengan orang-orang beriman, dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dalam menerima cobaan ini. Aamiin ya rabbal’alamin.”
  9. “Inna lillahi wainna ilaihi roji’un  Hakekatnya hak Allah untuk mengambil sesuatu dan memberi sesuatu kepada umatnya, segala sesuatu yang ada di sisinya dibatasi oleh ajal. Oleh sebab itu bersabarlah karena kepergiannya, dan carilah ridha Allah yang sebesar-besarnya.”
  10. “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Turut berduka atas yang telah terjadi, berhadap yang terbaik dan semoga engkau kuat untuk menjalani semua ini.”
  11. “Ia Allah panggil lebih dulu, karena Allah menyayanginya. Semoga kuburnya diterangkan, ibadahnya diterima, dosanya terampuni, dan kebaikannya diteladani. Rasa belasungkawa kami sungguh tak sebanding dengan cinta-Nya.”
  12. “Inna lillahi wainna ilaihi roji’un  Semua rasa sakit yang ia alami selama ini sudah berakhir, Allah lebih menyayanginya daripada kita semua di sini. Selamat jalan, semoga engkau sudah tenang di surga sana.”
  13. ” Inna lillahi wainna ilaihi roji’un Ya Allah, ampunilah ia dan berilah rahmat kepadanya. Maafkanlah ia dan tempatkanlah di tempat terbaik. Lapangkan kuburnya dan bersihkanlah ia dari segala kesalahan yang ia perbuat.”
  14.  ” Inna lillahi wainna ilaihi roji’un Saya turut bersedih dan berduka cita sedalam-dalamnya, saya hanya bisa memanjatkan doa terbaik untuk almarhum/almarhumah di sana.”
  15. “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Saya dan keluarga turut berduka cita. Semoga keluarga yang ditinggalkan Allah berikan ketabahan. Percayalah, Allah pasti akan mempertemukan kalian kembali di surga kelak.”
  16. “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Turut beduka cita yang sedalam-dalamnya. Semoga almarhum diampuni segala kesalahan dan diterima segala amal ibadahnya oleh Allah SWT.”
  17. “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un  Ya Allah, hamba mohon ampunilah almarhum, angkatlah derajatnya bersama dengan orang-orang yang memberi petunjuk. Berilah penggantinya terhadap orang-orang yang ditinggalkan sesudahnya. Ampunilah dosa-dosa kami dan juga dia wahai Tuhan kami pemilik pengampunan, seru sekalian alam, lebarkanlah kubrunya dan berikan penerangan di dalam kuburnya. Aamiin.”
  18. “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Turut berduka cita. Segala sesuatu yang bernyawa sudah Allah tetapkan batas waktunya kapan ia akan kembali menghadap sang pencipta. Maka, bersabarlah atas apa yang menimpamu saat ini. Percayalah, di balik ini semua pasti akan ada hikmahnya.”
  19. ” Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un Semoga kita semua bisa mengambil tauladan pada kebaikan yang telah almarhum lakukan selama hidupnya. Kita simpan saja semua keburukan almarhum semasa hidup, dan tak perlu mengungkitnya kembali.”
  20. “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un  Kesedihan yang kita rasakan merupakan sebuah tanda, jika kita sangat mencintainya. Sekarang ia sudah tenang di alam sana, tak perlu risau karena Allah Swt selalu menjaganya.”
  21. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Turut berduka cita. Segala sesuatu yang bernyawa sudah Allah tetapkan batas waktunya. Maka bersabarlah atas kejadian yang menimpamu ini. Percayalah pasti ada hikmah di balik semua ini.
  22. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Semoga almarhum diampuni segala kesalahan serta diterima segala amal ibadahnya oleh Allah. Dan semoga keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan dan kekuatan iman lahir batin.
  23. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Turut berduka atas yang telah terjadi, berharap yang terbaik dan semoga engkau kuat untuk menjalani ini semua. Kami sekeluarga besar turut berbelasungkawa sedalam-dalamnya.
  24. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Dari hati yang paling dalam, kami dan keluarga turut berduka cita atas meninggalnya almarhum. Semoga Allah menempatkannya di tempat yang paling indah bersama orang-orang beriman, dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dalam menerima cobaan ini. Aamiin.
  25. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Saya dan keluarga turut berduka cita. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan. Percayalah pasti Allah akan mempertemukan kalian kembali di surga kelak.
  26. Inna lillahi wainna ilaihi roji’un  Sebuah kesedihan yang sedang kita rasakan merupakan sebuah tanda bahwa kita sangat mencintainya. Jangan risau, kini dia sudah tenang dan damai bersama Sang Pencipta. Perpisahan ini hanya sementara, kita akan bertemu kembali dengannya di surga Allah kelak.
  27. Inna lillahi wainna ilaihi roji’un  Aku turut merasakan kesedihan yang engkau rasakan. Ingatlah bahwa semua ini adalah cobaan yang sedang dilimpahkan oleh Allah kepada hamba-Nya yang kuat. Tapi, kesedihan yang datang ini pasti memiliki makna dan percayalah bahwa Allah selalu memberikan jalan terbaik kepadamu.
  28. Inna lillahi wainna ilaihi roji’un  Percayalah semua cobaan yang Allah beri mengandung sebuah hikmah kehidupan. Kita boleh bersedih, tetapi kesedihan itu tak akan mengubah keadaan menjadi lebih baik dan tidak akan membuat ia yang telah meninggalkan kita kembali lagi.
  29. “Inna lillahi wainna ilaihi roji’un  Kehilangan memang tidaklah mudah. Namun, ingatlah tidak ada cobaan yang diberikan Tuhan melampaui kemampuan hamba-Nya.”
  30. “Inna lillahi wainna ilaihi roji’un. Saya dan keluarga turut berduka cita. Semoga amal dan ibadah almarhum/almarhumah diterima di sisi Allah Swt dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan.”
  31. ” Inna lillahi wainna ilaihi roji’un Saya turut berduka cita atas kepergiannya, semoga ia diberikan tempat terbaik di sisi Allah. Mudah-mudahan engkau dan keluarga yang kini telah ditinggalkan diberi kesabaran dalam menerima musibah ini. Innallaha ma’ashobirin, percayalah sesungguhnya Allah selalu bersama dengan orang-orang yang sabar dan bertakwa.”
  32. “Inna lillahi wainna ilaihi roji’un  Kami turut berduka atas kepergiannya. Semoga wafatnya ia menjadikan kalian lebih kuat menjalani hidup, tidak memupuskan persaudaraan dan kekeluargaan, serta meningkatkan amal baik sebagai bekal menunggu kematian.”
  33. Inna lillahi wainna ilaihi roji’un  Sesungguhnya Allah memiliki hak untuk memberi dan mengambil sesuatu dari hamba-Nya. Segala sesuatu yang ada di dunia ini dibatasi oleh ajal. Semoga engkau diberikan kesabaran dan ketabahan atas kepergian almarhum. Doakanlah agar dapat dipertemukan kembali di surga kelak.
  34. Inna lillahi wainna ilaihi roji’un  Kehilangan seseorang memang membuat hati sangat terpukul, tetapi tak ada jalan yang lebih baik selain mengikhlaskannya. Jika kita ikhlas, maka almarhum akan lebih tenang di alam sana. Sesungguhnya kita semua milik Allah dan hanya kepada-Nya lah kita akan kembali berpulang.
  35. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un  Aku turut berduka cita atas meninggalnya orangtuamu. Semoga kamu dan keluarga diberi ketabahan dari peristiwa ini.
  36. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Aku turut berduka cita atas kehilangan yang telah menimpamu hari ini.
  37. Inna lillahi wainna ilaihi roji’un  Aku sangat sedih dan berduka cita sedalam-dalamnya. Sungguh, tak ada yang bisa aku katakan saat ini.
  38. Inna lillahi wainna ilaihi roji’un  Semua ini adalah rencana baik dari Allah. Kita harus menerima kepergiannya dengan ketabahan dan hati lapang.
  39. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Kini yang bisa kita lakukan sekarang adalah mendoakan dia yang telah pergi meninggalkan kita selamanya.
  40. Inna lillahi wainna ilaihi roji’un  Semoga kuburnya diterangkan, ibadahnya diterima, dosanya terampuni, dan kebaikannya diteladani. Ia Allah panggil lebih dulu, karena Allah menyayanginya. Rasa belasungkawa kami sungguh tak sebanding dengan cinta-Nya.
  41. Inna lillahi wainna ilaihi roji’un  Sesungguhnya ia adalah milik Allah dan kepada-Nya lah ia akan kembali. Ya Allah, tuliskanlah ia di sisi-Mu termasuk ke dalam golongan orang-orang baik. Dan jadikanlah catatannya di ‘illiyyin.
  42. Inna lillahi wainna ilaihi roji’un  Yang lahir akan mati, tetapi yang tak ada bukan berarti dilupakan. Kami rela melepas keluarga kami yang kami sayangi untuk menghadap kepada Allah SWT. Semoga ia dilapangkan kuburnya dan diampuni segala dosanya. Aamiin.
  43. Inna lillahi wainna ilaihi roji’un  Kami turut berduka atas kepergiannya. Semoga wafatnya ia menjadikan kalian lebih kuat menjalani hidup, tidak memupuskan persaudaraan dan kekeluargaan, serta meningkatkan amal baik sebagai bekal menunggu kematian.”
  44. Inna lillahi wainna ilaihi roji’un  Semoga kita semua bisa mengambil tauladan pada kebaikan yang telah almarhum lakukan selama hidupnya. Mudah-mudahan ia mendapatkan tempat terindah di sisi Allah, yaitu di surga-Nya yang sangat indah. Aamiin ya rabbal’alamin.
  45. Inna lillahi wainna ilaihi roji’un  Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepada-Nya lah kami kembali. Turut berduka cita, semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT. Dan mereka yang ditinggalkan dapat diberikan ketabahan dan keikhlasan. Aamiin.
  46. Hakikatnya hak Allah untuk mengambil sesuatu dan memberi sesuatu kepada umat-Nya, segala sesuatu yang ada di sisi-Nya dibatasi oleh ajal. Oleh sebab itu, bersabarlah karena kepergiannya, dan carilah rida Allah yang sebesar-besarnya.
  47. Inna lillahi wainna ilaihi roji’un  Ya Allah, hamba mohon ampunilah almarhum, angkatlah derajatnya bersama dengan orang-orang yang memberi petunjuk. Berilah penggantinya terhadap orang-orang yang ditinggalkan sesudahnya. Ampunilah dosa-dosa kami dan juga dia wahai Tuhan kami pemilik pengampunan, seru sekalian alam, lebarkanlah kuburnya dan berikan penerangan di dalam kuburnya. Aamiin.
  48. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Dari hati yang paling dalam, kami dan keluarga turut berduka cita atas meninggalnya almarhum. Semoga Allah menempatkannya di tempat yang paling indah bersama dengan orang-orang beriman, dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dalam menerima cobaan ini. Aamiin ya rabbal’alamin.
  49. Inna lillahi wainna ilaihi roji’un  Ya Allah, ampunilah dia dari dosa-dosanya dan berilah rahmat kepadanya, selamatkanlah dia dari beberapa hal yang tidak ia sukai di alam sana. Maafkanlah ia dari kesalahan-kesalahannya dan tempatkan ia di tempat yang terbaik dan juga mulia, yaitu surga-Mu. Luaskan pada kuburnya dan mandikan ia dengan air susu salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan yang telah dilakukannya semasa hidup. Aamiin.
  50. “Inna lillahi wainna ilaihi roji’un  Segala makhluk yang bernyawa akan Allah tetapkan batas waktunya, maka bersabarlah atas segala kejadian yang kini menimpamu. Yakinilah pasti Allah telah menyelipkan hikmah di balik rasa sedih dan duka. Turut serta berduka cita atas meninggalnya (sebutkan namanya), mudah-mudahan keluarga yang telah ditinggalkan diberi ketabahan.”
  51. “Inna lillahi wainna ilaihi roji’un Jangan bersedih, semua akan berkumpul kembali di akhir zaman nanti. Yakinlah bahwa Allah SWT akan mempertemukan kita dengan saudara yang lain setelah tiba waktunya.”
  52. “Inna lillahi wainna ilaihi roji’un  Sesungguhnya ia adalah milik Allah dan kepada-Nya lah ia akan kembali. Ya Allah, tuliskanlah ia di sisi-Mu termasuk ke dalam golongan orang-orang baik. Dan jadikanlah catatannya di ‘illiyyin.”
  53. ” Inna lillahi wainna ilaihi roji’un Segala sesuatu yang terjadi adalah kehendak Allah, kita harus menerimanya dengan lapang dada.”
  54. “Saya turut berduka cita atas meninggalnya kakekmu, semoga khusnul khotimah.”
  55. “Innalillahi wa inna ilaihi roji’un. Semoga almarhum diterima di sisi Allah SWT, diterima semua amal baiknya dan diampuni segala dosanya. Amin.”
  56. ” Inna lillahi wainna ilaihi roji’un  Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepada-Nya-lah kami kembali. Turut berduka cita, semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT. Dan mereka yang ditinggalkan dapat diberikan ketabahan dan keikhlasan. Amin.”
  57. “Inna lillahi wainna ilaihi roji’un   Allah SWT tidak akan memberi cobaan di luar batas kemampuan kita sebagai manusia. Maka, tetaplah tegar atas kepergiannya karena semuanya akan indah pada waktunya.”
  58. ” Inna lillahi wainna ilaihi roji’un Selamat jalan teman baikku, mudah-mudahan engkau mendapatkan tempat terindah disisi-Nya, yaitu di surga-Nya yang sangat indah. Amin ya rabbal’alamin.”
  59. “Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un. Kami sekeluarga mengucapkan turut berduka cita sedalam-dalamnya. Aku turut merasakan kesedihan yang mendalam atas kepergiannya.”
  60. “Inna lillahi wainna ilaihi roji’un  Rezeki, jodoh dan umur sudah ditetapkan Allah, mari kita ikhlaskan dan berlapang dada atas segala ketentuannya. Semoga Allah menambah kesabaran dan kekuatan iman.”
  61. “Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un. Kami turut berduka cita atas kepergian almarhum, semoga beliau husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan keikhlasan.”
  62. “Inna lillahi wainna ilaihi roji’un  Semua orang merasa kehilangan atas kepergiannya dan kita semua pasti merindukannya, kita doakan yang terbaik untuknya.”
  63. ” Inna lillahi wainna ilaihi roji’un Selamat jalan teman sejatiku, aku teman sejatimu hanya bisa mendoakanmu dari sini. Semoga seluruh doa yang kupanjatkan untukmu ini didengar dan diijabah oleh Tuhan Yang Maha Esa. Serta semoga Tuhan menempatkanmu di tempat yang terbaik.”
  64. “Inna lillahi wainna ilaihi roji’un  Semoga Allah merahmatimu dan menambah ketabahan dalam hatimu. Ikhlaskan dengan lapang dada, semoga Almarhum diterima sang pencipta.”
  65. “Inna lillahi wainna ilaihi roji’un  Semua sudah dalam rencana Allah, sebaik apapun kita merencanakan. Semoga almarhum tenang di alam sana.”
KALIMAT INSPIRATIF TEREKOMENDASI  Ucapan Belasungkawa Dalam Bahasa Inggris Kehilangan Ayah

Share and Enjoy !

Shares
loading...
KALIMAT INSPIRATIF TEREKOMENDASI  Ucapan Belasungkawa Untuk Kehilangan Isteri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.